Bunyinya cukup Kuat di Atas Atap

Hujan Es terjadi di Sejumlah Lokasi di Pekanbaru

Ilustrasi hujan es

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)-- Warga Pekanbaru yang ada di beberapa wilayah, Sabtu, (25/3/2025) sore sekitar pukul 17.05 Wib dikejutkan dengan turunnya hujan deras disertai butiran batu es.

Dimana di sekitar RW O6,  Seperti di Jalan Ikan Mas , Duyung dan Gurita para ibu rumah tangga ada yang sedang memasak untuk keperluan berbuka puasa kaget dan terkejut serta keluar rumah melihat ada turunya hujan yang disertai butiran kristal. Fenomena langka ini juga terjadi di sejumlah lokasi di Kota  Pekanbaru. 

"Saya sedang memasak di dapur. Waktu itu, suara petir dan kilat  disertai hujan lebat turun. Bunyinya sangat kuat di atas atap seng. Mulanya saya tak menyangka jika air hujan itu disertai es kristal sebesar telunjuk. Ini yang pertama kali, saya lihat dan saksikan jika hujan disertai butiran es," ungkap Elia ibu rumah tangga. 

Pantauan Kiblatriau.com, hujan lebat yang turun itu bunyinya cukup kuat dari atas atap rumah, sementara itu butiran es itu memantul-mantul ke atap seng rumah. 


Sementara itu, melansir situs resmi BMKG, fenomena hujan es adalah salah satu fenomena cuaca ekstrem yang terjadi dalam skala lokal dan ditandai dengan adanya jatuhan butiran es yang jatuh dari awan. Hujan es dapat terjadi dalam periode beberapa menit.

Ketika terjadi hujan es biasa disertai dengan hujan intensitas lebat dalam durasi singkat. Hujan es juga terjadi bersamaan dengan kilat atau petir dan angin kencang.

Fenomena hujan es ini lebih banyak terjadi pada masa transisi atau pancaroba musim. Baik dari musim kemarau ke musim hujan ataupun sebaliknya, dari musim hujan ke musim kemarau.

Menurut situs BMKG, penyebab terjadinya fenomena hujan es adalah karena dipicu oleh adanya pola konvektifitas di atmosfer dalam skala lokal-regional yang signifikan.

Hujan es dapat terbentuk dari sistem awan konvektif jenis Cumulonimbus (Cb).

Umumnya awan jenis Cumulonimbus memiliki dimensi menjulang tinggi yang menandakan

bahwa adanya kondisi labilitas udara signifikan dalam sistem awan tersebut. Sehingga hal ini dapat membentuk butiran es di awan dengan ukuran yang cukup besar. Hujan es termasuk fenomena alam yang merupakan tanda-tanda kebesaran Allah Ta'ala. Al-Qur'an dengan mukjizatnya menjelaskan fenomena hujan es ini. ***

 

 

 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar