Tingkatkan Kualitas Pemilihan Kepala Daerah 2024

Kesbangpol Pekanbaru Gelar Sosialisasi bagi Pemilih Pemula di SMAN 1

Kepala Badan (Kaban) Kesbangpol Pekanbaru, Drs H Syoffaizal MSi foto bersama saat melakukan sosialisasi pemilihan umum (pemilu) 2024 bagi pemilih pemula di SMA 1 Pekanbaru, Kamis (16/3/2023)

Laporan : Hendri Zainuddin


Pekanbaru


           PEMERINTAH Kota Pekanbaru dalam hal ini melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pekanbaru menggelar sosialisasi pemilihan umum (pemilu) 2024 bagi pemilih pemula di SMA 1 Pekanbaru. Kegiatan sosialisasi ini dibuka langsungKepala Badan (Kaban) Kesbangpol Pekanbaru, Drs H Syoffaizal MSi, Kamis, (16/3/2023). Kepala Badan (Kaban) Kesbangpol Pekanbaru, Drs H Syoffaizal MSi melalui Kepala Bidang Politik Dalam Negeri Kesbangpol Pekanbaru Tengku Firdaus menjelaskan, bahwa kegiatan sosialisasi ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2024  mendatang. Karena akan memimpin serta menentukan nasib rakyat selama lima tahun kedepan.

''Makanya kita ingatkan kepada pemilih pemula untuk menolak politik uang dalam pemilihan nanti. Oleh sebab itu, kita mengajak agar siswa di SMAN I Pekanbaru ini untuk mengambil peran dalam pencegahan politik uang,'' ungkap T Firdaus saat dikonfirmasi Kiblatriau.com, Kamis (16/3/2023).Dipaparkan T Firdaus, bahwa alasan mengapa pemilih pemula menjadi sasaran sosialisasi, karena memang dari 700.000 lebih pemilih, ada 11.662 di antaranya merupakan pemilih pemula yang memiliki potensi dalam partisipasi Pemilu serentak di 2024 nanti,

Dijelaskan Firdaus, dasar hukum kegiatan sosialisasi ini adalah yang pertama UU Republik Indonesia nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum, kedua peraturan menteri dalam negeri nomor 36 tahun 2010 tentang pedoman fasilitas penyelanggaraan pendidikan politik dan yang ketiga adalah DPA Badan Kesbangpol Pekanbaru tahun anggaran 2023.

"Adapun tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah dalam berdemokrasi. Selain itu, meningkatkan partisipasi pemili pada pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah tahun 2024 mendatang,'' jelas Firdaus. Sambung Firdaus, untuk peserta kegiatan ini berjumlah 100 orang yang terdiri dari siswa-siswi SMAN 1 Pekanbaru yang berusia 17 tahun sebagai pemilih pemula.''Sedangkan narasumber kegiatan ini adalah Ketua KPU Pekanbaru, Ketua Bawaslu Pekanbaru, Kesbangpol Provinsi dan juga akademisi. Kegiatan sosialiasasi ini berjalan dengan aman dan lancar,'' tutur Firdaus. Tampak hadir juga Wakil Kepala sekolah Humas Budi Efrianto SSi  serta tamu undangan lainnya. ***
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar