Siap Bekerjasama dengan Unilak

Pertanian Berbasis IT Bakal Dikembangkan di Kecamatan Rumbai

Plt Camat Rumbai Vemi Herliza didampingi beberapa lurah saat menyampaikan sambutan dalam acara audensi dan silaturahmi dengan Fortaru, Selasa (30/10).

PEKANBARU --(KIBLATRIAU. COM) --Saat ini  Kecamatan Rumbai terus melakukan inovasi dan terobosan. Pasalnya,  Kecamatan Rumbai adalah salah satu kecamatan yang memiliki lokasi luas dalam bidang pertanian. 

Selain itu,  kedepannya  Kecamatan Rumbai ini  bakal mengembangkan pertanian berbasis Informasi Teknologi (IT) dan akan bekerjasama dengan Universitas Lancang Kuning (Unilak).

Pelaksana tugas (Plt) Camat Rumbai Vemi Herliza menyebutkan, dalam kerjasama yang kini tengah diprogramkan itu, aplikasi IT dengan  menggunakan android atau telepon pintar akan dirancang pihak Unilak. Sebab pihaknya sudah berkoordinasi dengan Unilak untuk membuat program tersebut. 

"Sementara kita hanya menyiapkan lahan dan SDM (sumber daya manusia). Sedangkan untuk lahannya kita siapkan di Kelurahan Agrowisata," ungkap Vemi, dalam acara silaturahmi dan audensi bersama Forum Pewarta Pekanbaru (Fortaru) di rumah makan Ayam Remuk Pak Tisto, Jalan Yossudarso, Rumbai Pesisir, Selasa (30/10/2018). 

Vemi menjelaskan,  dalam program itu nanti  petani tak mesti menyiram tanaman secara manual, tetapi bisa melalui aplikasi android yang sudah terkoneksi dengan alat pertanian yang dirancang khusus pihak Unilak guna menunjang pertanian berbasis IT tersebut.

"Bukan hanya untuk menyiram saja, tapi memupuk juga bisa. Jadi ketika kita sibuk di luar, maka penyiraman bisa dilakukan melalui aplikasi android yang sudah dirancang itu. Sedangkan  media tanamnya sendiri menggunakan polybag," sebut Vemi. 

Dikatakan Vemi, pengembangan pertanian berbasis IT itu sesuai dengan program Walikota Pekanbaru mewujudkan Pekanbaru Smart City yang Madani.

"Intinya, kita memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada menuju Pekanbaru Smart City. Mudah-mudahan apa yang kita inginkan bisa tercapai, " ungkap  Vemi. 

Lurah Agrowisata Tengku Refli menambahkan, pihaknya sudah menyiapkan lahan lebih kurang 3 hektar untuk lokasi pengembangan pertanian berbasis IT tersebut.

"Ya lahan yang kita siapkan berada di kawasan RW 05. Hanya saja, lahannya tidak berada di satu titik, tapi banyak titik yang luasnya kita perkirakan sekitar 3 hektar lebih," terang Refli. 

Refli berharap, dengan pengembangan pertanian berbasis IT itu bisa mempercepat pembentukan Kelurahan Agrowisata menjadi objek wisata pertanian di Kota Pekanbaru. 

"Untuk itu kita sangat menyambut baik kerjasama Kecamatan Rumbai dengan Unilak ini. Semoga program yang akan kita buat bisa berjalan aman dan lancar. Dengan begitu,  Kecamatan Rumbai bisa menjadi kawasan agro wisata.  Sehingga kedepannya Kecamatan Rumbai ini menjadi destinasi bagi masyarakat, terutama dalam hal pertanian, " harap Refli. (Hen) 

 


 

 

 

 

 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar