Jumlah Penumpang Berkurang 

Dishub Pekanbaru Batasi Operasional  Bus TMP

Yuliarso SSTP MSi

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)-- Pemerintah Kota melalui  Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru mulai membatasi jam operasional Bus Trans Metro Pekanbaru (TMP). 

Kepala Dishub Kota Pekanbaru, Yuliarso SSTP MSi menjelaskan, bahwa ada pengurangan jam operasional sebanyak dua jam dari waktu semula. 

Yang semula nya operasional bus TMP dimulai pukul 06.00 hingga pukul 21.00 WIB. Saat ini operasional bus TMP dimulai pukul 06.00 hingga pukul 19.00 WIB.

"Ya ada pengurangan jam operasional Bus TMP saat ini. Hal ini, karena berkurang nya jumlah penumpang dari hari biasanya," ujar Yuliarso,  kepada wartawan, Ahad (29/3/2020). 

Dijelaskan Yuliarso, terjadi penurunan yang sangat signifikan terhadap jumlah penumpang bus TMP sejak beberapa hari belakangan ini. Pada pekan ini, jumlah penumpang menurun mencapai 50 persen.

"Jumlah penumpang biasanya dapat mencapai 10 ribu  dalam sehari. Namun, belakangan ini hanya berkisar 4 ribu penumpang saja dalam sehari," sebut Yuliarso.

Menurut Yuliarso, penurunan terjadi disebabkan kesadaran masyarakat untuk tidak beraktivitas diluar rumah seiring peningkatan jumlah kasus covid-19 di Pekanbaru. Dengan terus berkembangnya wabah virus corona tersebut, kemungkinan jumlah penumpang bus TMP bisa turun lagi. Meski begitu, Sesuai arahan Walikota Pekanbaru, pelayanan publik tetap dilakukan.

"Kami mulai mengurangi armada bus seiring berkurangnya jumlah penumpang pada pekan ini. Untuk saat ini hanya 30 sampai 35 unit bus saja yang akan melayani masyarakat, separuh dari jumlah bus biasanya," terang Yuliarso.

Saat ini pihaknya juga telah melakukan penyemprotan disinfektan pada halte dan bus TMP. Di samping itu, para sopir dan pramugara bus TMP tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan corona

"Sebelum bus beroperasi, kami dorong untuk melakukan pemyemprotan disinfektan, jika terbatas bisa dengan melakukan pencucian saja. Hal ini terus kami monitor setiap harinya," tutur Yuliarso. (Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar