Gubri Buka KTNA XVI di Kuansing

Ingatkan Lapisan Masyarakat Jangan Bakar Lahan

Gubernur Riau H Syamsuar saat membuka Pekan Daerah Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) XVI di Desa Bumi Mulya, Kecamatan Logas Tanah Darat, Kuansing, Ahad (6/10/19).

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)-- Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi kembali mengingatkan seluruh lapisan masyarakat untuk pentingnya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Pesan itu disampaikan Gubri saat Pembukaan Pekan Daerah Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) XVI Desa Bumi Mulya, Kecamatan Logas Tanah Darat, Kuansing, Ahad (6/10/19). Menurutnya, Riau saat ini sedang menghadapi musim kemarau yang diperkirakan waktunya cukup panjang. "Kita minta kepada seluruh anggota KTNA se-Provinsi Riau agar menyosialisasikan pembukaan lahan tanpa membakar di daerahnya masing-masing,'' kata Gubri.Karena, menurutnya, pencegah kebakaran lahan merupakan komitmen bersama.

Tidak hanya tanggung jawab pemerintah, TNI/Polri, namun menjadi komitmen seluruh masyarakat Riau.''Makanya saya sudah pesan kepada Pak Kapolda, untuk lahan yang terbakar, agar di-police line. Nanti kalau ada yang menanam berarti dia pelakunya," ulas Syamsuar.Agar lahan tidak dibakar oleh petani, lanjut Gubri, Pemerintah Provinsi Riau memberikan solusi dengan menggunakan ekskavator untuk pengelolaan lahan. Saat inidiusulkan sejumlah ekskavator dengan pemerintah pusat. "Tidak hanya melarang membakar, namun kita juga menawarkan solusi. Sehingga nanti masyarakat tidak lagi membakar kalau ingin membuka lahan perkebunan,'' tutur Syamsuar.(Net/Hen)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar