Libatkan Konsultan untuk Lakukan Kajian

Dishub Pekanbaru Matangkan Perencanaan Pembuatan Jalur Sepeda 

Edi Syofyan

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)-- Saat ini,Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru terus membahas dan matangkan pembuatan jalur sepeda yang telah dirancang beberapa bulan yang lalu. 

Untuk pembuatan jalur sepeda tersebut , maka Dishub Pekanbaru   melakukan kajian dengan melibatkan konsultan dan dinas terkait.
Sebab, pembuatan jalur sepeda sangat penting, mengingat saat ini banyak masyarakat Pekanbaru yang hobi bersepeda.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru Yuliarso SSTP melalui Kepala Bidang Rekayasa Lalu Lintas (RLL), Edi Sofyan Ama PKB SE MSi kepada Kiblatriau.com, Rabu (16/9/2020).

"Ya untuk pembuatan jalur sepeda di Pekanbaru. Dan  kita akan bekerjasama dengan konsultan untuk mengkaji pembuatan jalur sepeda untuk masyarakat. 

Jadi, setelah ada kajian itu, maka kita akan buatkan perencanaan kerja, dimana titik-titik yang perlu ditambah untuk jalur sepeda tersebut. Karena untuk pembuatan jalur sepeda ini dananya  cukup besar. Bahkan, diperkirakan satu kilo aja butuh rp1 miliar ketika berkaca di Jakarta. Oleh sebab itu, butuh perencanaan yang sangat matang," terang Edi.

Dijelaskan Edi, pihaknya akan mensurvai sebanyak 600 orang pengowes sepeda dalam rangka pembuatan khusus jalur sepeda tersebut. 

"Setelah dikaji, maka nanti kita akan ajukan ke pemerintah pusat dimana saja lokasi jalan yang akan dibuat jalur sepeda. Karena, saat ini, anggaran Pemko Pekanbaru sangat minim, sehingga butuh bantuan dari pusat. Sementara untuk pembuatan titik jalur sepeda itu ada di ruas jalan yang memang menjadi prioritas untuk digunakan bagi pesepeda,"  ujar Edi.

Lanjut Edi, selain itu karena saat ini pertengahan tahun,  maka pihaknya akan mengajukan pada tahun 2021 mendatang.

"Intinya tahun ini kita akan menyusun segala persiapaan untuk pembuatan jalur sepeda tersebut. Paling, kalau diajukan pada tahun 2021 jika disetujui  maka akan dibuat jalur sepeda tersebut pada tahun 2022 mendatang. Sebab, untuk membuat jalur sepeda itu membutuhkan proses yang cukup lama," tutur Edi.

Edi menambankan bahwa untuk saat ini jalur sepeda yang tersedia ada di Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Pattimura dan Jalan Diponegoro.(Cr1).

 

 

 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar