Ekonomi yang Smart Madani harus Ditopang  Ekonomi

Diskop Gelar Kegiatan Kemitraan UMKM

Drs Azharisman Rozie me! memberikan sambutan

PEKANBARU--(KIBLATRIAU. COM) --Dalam rangka mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) serta menumbuhkan semangat entrepreneur, Dinas Koperasi dan UMKM (Diskop UMKM) Kota Pekanbaru menggelar kegiatan Kemitraan UMKM, Perencanaan, Koordinasi dan Pengembangan Usaha Kecil Menengah di Hotel Alpa, Senin (20/8/2018)
 
Kepala Diskop UMKM Kota Pekanbaru Drs Azharisman Rozie  menjelaskan, kegiatan ini selaras dengan program yang kini dijalankan Diskop UMKM Kota Pekanbaru, yakni Tri Dharma Pemberdayaan, Pemberdayaan Pendampingan, Pemberdayaan modal, serta Pemberdayaan Pemasaran, Diskop selalu memfasilitasi antara pemilik modal dan pelaku UMKM.
 
"Untuk mengembangkan semangat entrepreneur ini, maka kita secara terus-menerus memediasi, memfasilitasi antara pemilik-pemilik modal, stakeholder lainnya. Seperti perguruan tinggi untuk memberikan motivasi kepada pelaku UMKM," ujar Rozie. 
 
Rozie mengatakan ekonomi yang smart harus ditopang oleh ekonomi yang terurai, yang lebih dikenal dengan Ekonomi Korea dan Ekonomi Kerakyatan. Yang mana ekonomi ini digerakkan oleh sektor UMKM.
 
"Menurut data yang ada di Indonesia, ada 10 persen dari masyarakat yang memiliki semangat kewirausahaan untuk Kota Pekanbaru.  Sedangkan penduduk kita yang mencapai 1,1 juta mestinya harus ada 100.000 lebih yang memiliki semangat dan bekerja di sektor UMKM, tetapi kenyataannya yang tercatat hanya sebesar 3.461 orang," ujar Rozie lagi.
 
Adapun kegiatan kemitraan yang ditaja Diskop UMKM ini berlangsung selama dua hari, yang dibuka langsung oleh Wakil Wali Kota Pekanbaru H Ayat Cahyadi SSi.
 
"Kegiatan serupa sudah sering dilakukan, baik melalui pembiayaan oleh stakeholder, maupun dari APBD Kota Pekanbaru. Pak Wakil Wali Kota tadi dalam sambutannya juga menyampaikan untuk mewujudkan Pekanbaru Smart City yang Madani.  Salah satunya harus mengembangkan yakni Smart Ekonomi," tutup Rozie. (Kur)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar