Disambut Antusias oleh Parpol

KPU Riau Lakukan Kunjungan ke Partai Politik Tingkat Provinsi

Ketua KPU Riau Ilham Muhammad Yasir saat melakukan kunjungan ke parpol Rabu (2/2/2022)

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)-- Setelah disahkannya perhelatan akbar pemilu dan Pemilihan 2024 antara Pemerintah, DPR dan Penyelenggara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau bergerak cepat dengan melakukan kunjungan silaturahmi ke pimpinan DPD/DPW Partai Politik (Parpol) tingkat Provinsi Riau yang diawali, Rabu (02/02/2022). 

Seiring dengan itu, KPU Riau telah  menjadwalkan anjangsana ke DPD/DPW Parpol tingkat Provinsi baik Parpol peserta Pemilu 2019 maupun Parpol bakal calon peserta Pemilu 2024. 

Dengan membagi 2 tim KPU Riau mulai bergerak pukul 13.00 WIB menuju kantor masing-masing Parpol, tim pertama yang dipimpin langsung Ketua KPU Riau Ilham Muhammad Yasir beserta Anggota KPU Riau Joni Suhaidi selaku Kordiv Teknis Penyelenggara didampingi Sekretaris KPU Riau Rudinal, B beserta Kabag Tekmas Nirson dan Staf meluncur menuju Kantor DPD/DPW Partai PKB dan Partai Gerinda. 

Sementara tim kedua dipimpin Anggota KPU Riau Firdaus selaku Kordiv Hukum dan Pengawasan dan Abdul Rahman selaku Kordiv Program dan data didampingi oleh Kabag Hukum dan SDM Riky Kurniawan beserta staf meluncur ke Kantor DPD/DPW Partai PDI-P dan Partai Golkar.

Masing-masing tim diterima sangat baik oleh pengurus DPD/DPW Parpol tingkat Provinsi, bahkan mereka mengapresiasi silaturahmi yang dilakukan oleh KPU Provinsi Riau. 

“Tujuan utama kami berkunjung kali ini adalah silaturahmi,” ungkap Ketua KPU Riau Ilham Muhammad Yasir, sekaligus menyampaikan beberapa informasi terkait kesiapan KPU terutama KPU Provinsi Riau dalam menyelenggarakan Pemilu dan Pemilihan 2024. 

Dijelaskan Ilham, bahwa silaturahmi ini tidak hanya sampai disini saja melainkan akan diteruskan kepada partai peserta Pemilu 2019 dan partai bakal calon peserta Pemilu 2024.

"Untuk  saat ini berdasarkan data yang kami peroleh dari Dinas Kesbangpol Provinsi Riau ada 6 partai baru yang telah terdata. Dan kami akan turut bersilaturahmi kesana," terang Ilham. 

Di tempat terpisah Firdaus selaku ketua tim 2 menyampaikan bahwa, KPU Riau telah membuat jadwal kunjungan yang diawali hari ini (02/02/22) dan akan berakhir pada tanggal (04/03/22) mendatang. 

"Untuk efisiensi waktu dan jumlah personil yang terbatas maka setiap jadwal kunjungan dibagi menjadi 2 tim. Dan masing-masing tim berjumlah + 5 – 6 orang sudah termasuk pegawai sekretariat KPU Riau," ujar Firdaus.

Dari 2 tim yang melakukan kunjungan, diperoleh informasi bahwa antusiasme pengurus Parpol menanyakan tentang  penambahan Daerah Pemilihan (Dapil), seperti kapan dan bagaimana peta dapil baru pada Pemilu 2024 mendatang.

Menanggapi pertanyaan tersebut, Anggota KPU Riau Joni Suhaidi selaku Kordiv Teknis Penyelenggara menyampaikan bahwa, setakat ini regulasi yang kami pegang masih mengacu pada Undang-undang No. 7 Tahun 2017.  "Dan jika ada perubahan maka KPU Riau siap menjalankannya," singkat Joni.***


Berita Lainnya...

Tulis Komentar