Menggunakan Metode Teori dan Praktek

Dosen Fasilkom Laksanakan Pengabdian Pemamfaatan TI untuk Manajemen Aset di SMK Migas Inovasi Riau

Photo bersama tim pengabdian masyarakat dengan kepala sekolah dan staf SMK Migas Inovasi Riau

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)-- Kegiatan pengabdian masyarakat salah satu tugas pokok dosen yang merupakan proses implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni budaya langsung kepada masyarakat dengan menggunakan metodologi ilmiah sebagai bentuk penyebaran Tri Dharma. Melalui kegiatan pengabdian ini diharapakan dosen bisa menerapkan dan mengimplementasikan ilmu yang dimiliki secara langsung di tengah masyarakat. Dalam rangka kegiatan pengabdian masyarakat ini dosen program studi teknik informatika dari fakultas ilmu komputer Universitas Lancang Kuning melaksanakan kegiatan pengabdian di sekolah menengah kejuruan (SMK) Migas Inovasi Riau yang berlamat di Jalan Garuda Sakti Km. 3 Panam Pekanbaru Riau. 

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 17 Juni 2022 lalu ini terdiri dari 5 orang dosen dan 2 orang mahasiswa dari program studi teknik informatika. Tim dosen terdiri dari Taslim, M.Kom, MTA, Susi Handayani, M.Kom, MTA dan Wirdah Choiriyah, M.Kom, MTA, sedang mahasiswa yaitu Taufik Hidayah dan dan Dicky Surya. Pada pengabdian kali ini diberikan pelatihan tentang manajemen aset dan inventarisasi aset di sebuah instansi atau lembaga pendidikan dengan memamfaatkan teknologi informasi. 

Mengingat pentingnya manajemen aset dan invetarisasi aset maka dibutuhkan sumber daya manusia dan sistem manajemen aset dan inventarisasi aset yang baik dan tepat guna. Pemamfaatan teknologi informasi seperti sistem untuk informasi data aset dan inventarisasi data aset yang terintegrasi dengan database manajemen sistem yang bisa melakukan pencatatan data, update data, hapus data dan informasi informasi yang dibutuhkan termasuk status pengguna sistem. Agar pengelolaan data aset dapat berjalan secara efisien maka diperlukan teknologi informasi sistem pengelolaan data aset yang dapat meminimalisir kesalahan- kesalahan yang dapat timbul dalam pengelolaan data aset tersebut. Sistem ini diharapkan juga dapat berjalan secara real time dan terkoneksi di antara bagian bagian yang terlibat dalam pengelolaan aset tersebut.


Pelatihan diberikan kepada pegawai tata usaha yang akan bertindak sebagai operator sistem manajemen aset di Sekolah Menengah kejuruan (SMK) Migas inovasi Riau. Metode pelaksanaan Iptek bagi Masyarakat (IbM) Utama ini adalah dengan menggunakan metode teori dan praktek. Pada tahapan awal, dijelaskan tentang materi dan topik pengabdian kepada masyarakat kepada peserta pelatihan secara umum termasuk konsep teknologi informasi, program aplikasi, database dan penanganan data secara umum. Tahap berikutnya adalah penjelasan alat dan aplikasi pendukung yang digunakan dalam pengelolaan data aset, bagaimana membuat melakukan konfigurasi database dan software software pendukung serta instalasi sistem informasi aset dan inventarisasi aset. 

Terkait pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat ini kepala sekolah menengah kejuruan (SMK) migas inovasi Riau Syahmian, SE, MM mengucapkan terima kasih kepada dosen dan mahasiswa dari fakultas ilmu komputer Universitas Lancang Kuning atas terlaksananya program pengabdian ini di sekolah.''Kedepannya program-program pengabdian ini bisa dilaksanakan secara berkelanjutan,'' sebutnya. Sementara itu, Ketua tim pengabdian Taslim, M .Kom, MTA mengucapkan puji syukur dan terima kasih atas lancarnya program pengabdian kepada masyarakat ini serta antusias peserta yang terlibat dalam program pengabdian kepada masyarakat ini.''Kita berharap agar ilmu pengetahuan yang diberikan dapat memberi nilai positif kepada sekolah menengah kejuruan (SMK) Migas Inovasi Riau,'' tutur Taslim. ***
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar