Guna Mendukung Pekanbaru Menuju Kota Smart City

Diskominfo Bakal Pasang 100 CCTv di Ruas Jalan dan Persimpangan

Eka Firmasnyah

PEKANBARU - (KIBLATRIAU.COM)--  Bila tak ada halangan, tahun ini Dinas Komunikasi Informatika (Kominfo) Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru akan melakukan pemasangan 100 kamera pengintai atau Closed Circuit Television (CCTv).

Kepala Diskominfo Statistik dan Persandian Pekanbaru Firmansyah Eka Putra mengatakan, bahwa pemasangan 100 CCTv nantinya merupakan salah satu upaya pihaknya dalam mendukung Pekanbaru menuju Kota Smart City.

"Sebagai Kota Smart City, salah satu pilarnya ada Smart Living. Smart Living ini indikatornya kota yang aman, kota yang aman ini tentu perlu didukung sistem keamanan yang cerdas. Sistem keamanan yang cerdas ini perlu disupport oleh CCTv," ungkap Eka, Jumat (12/4/2019).

Sesuai konsep yang dirancang, terang Eka, 100 CCTv nanti akan dipasang di persimpangan jalan, titik keramaian, rawan kejahatan dan titik rawan banjir.

"CCTv ini akan terkosentrasi, terkoneksi di Command Center. Selain itu,  layanan CCTv ini tidak hanya dimanfaatkan Diskominfo saja. Tetapi, kita dalam hal ini hanya penyedia jasa layanan, penggunanya nanti contoh kepolisian, Dishub, Pol PP, DLHK dan Damkar," ujar Eka.

Sejauh ini, sambung Eka, Kota Pekanbaru baru dipantau sebanyak 35 CCTv yang tersebar di beberapa persimpangan dan ruas jalan dalam Kota Pekanbaru

"Untuk itu perlu kita tingkatkan lagi. Makanya tahun ini kita usulkan tambahan 100 CCTv dan DPA nya sudah ada. Mudah-mudahan dalam waktu dekat pengadaannya sudah bisa kita proses," tutup Eka. (Dl/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar