Jamin Ketersedian Darah, Ini yang Dilaksanakan PMI Pekanbaru

Dibawah Komando Drs HM Noer MBS SH MSi, PMI Pekanbaru Raih Rekor Muri

Ketua PMI Kota Pekanbaru Drs H Mohd Noer MBS SH MSi MH

Laporan Hendri Zainuddin

Pekanbaru

          PALANG Merah Indonesia (PMI) Kota Pekanbaru yang dikomandoi Drs H Mohd Noer MBS SH MSi MH terus melaksanakan program strategis yang lebih baik dalam menjamim ketersedian stok kantong darah di Pekanbaru. Berbagai kegiatan telah dilakukan oleh PMI Kota Pekanbaru demi untuk mencukupi kantong darah bagi yang membutuhkannya. Buktinya, pada bulan Ramadan 1441 H yang lalu, PMI Kota Pekanbaru bekerjasama dengan relawan peduli Covid-19 melakukan donor darah yang hasilnya cukup tinggi dengan capaian 2560 kantong darah.''Kemarin bulan Ramadan kita melakukan donor darah bersama relawan peduli covid 19. Alhasil, ternyata banyak peserta yang ikut untuk mendonorkan darahnya. Dengan angka yang fantastis itu, maka PMI Kota Pekanbaru mendapat piagam penghargaan Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) dari Prof Dr hc KP Jaya Suprana sebagai pemecah rekor terbanyak. Dan alhamdulillah hasil ini sangat luar biasa , karena selama enam hari bisa mendapatkan 2560 kantong darah,'' ungkap M Noer kepada Kiblatriau.com, Jumat (5/6/2020).

Dijelaskan M Noer yang juga sebagai Sekdako Pekanbaru ini, dalam menjamin ketersedian stok darah tersebut, maka pihaknya akan terus melakukan aksi pengumpulan daerah di setiap kecamatan.''Maka dari itu, kita juga ingatkan pengurus PMI yang ada di kecamatan supaya aktif dalam kegiatan untuk mengumpulkan darah. Sehingga dengan adanya aksi itu, ketersedian stok darah bisa terpenuhi. Selain itu, kita (PMI Red) juga bersedia bersedia diminta untuk hadir dari berbagai kelompok yang mengundang untuk donor darah, sehingga stok darah tidak kurang,'' ujar M Noer. M Noer menerangkan, ia juga mengucapkan terima kasih kepada para pendonor darah yang telah berkali-kali menyumbangkan darahnya untuk orang yang membutuhkan.

''Teladan donor darah sukarela perlu diikuti oleh seluruh masyarakat. Karena dengan tetesan darah yang dimilikinya dapat memberi sumbangan yang sangat berarti bagi kehidupan orang lain yang membutuhkan,'' sebut  M Noer. Lanjut M Noer,  bahwa donor ini merupakan tindakan kemanusiaan yang tidak ternilai serta merupakan penegasan akan arti penting persaudaraan, soliditas, dan kepedulian terhadap sesama, juga meneguhkan kembali arti kesetiakawanan.

"Tindakan kemanusiaan seperti ini tidak ternilai harganya. Sehingga pantaslah saudara-saudara disebut sebagai pahlawan kemanusiaan. Setetes darah bisa menyelamatkan nyawa manusia. Oleh sebab itu, kita juga mengajak kepada masyarakat untuk melakukan donor darah demi menjaga kesehatan dan membantu ketersediaan stok darah di PMI,'' harap M Noer.

Dalam kesempatan ini M Noer juga mengucapkan terima kasih kepada pak Gubernur Riau Drs Syamsuar MSi yang selalu mendukung program dari PMI Kota Pekanbaru.''Bukti dukungan yang diberikan itu, beliau (Pak Gubri red) terus memberikan semangat dan masukan kepada kita. Bahkan, ia juga langsung turun setiap PMI melakukan aksi donor darah. Selain itu, kita juga berikan apresiasi kepada relawan peduli covid, pengurus PMI serta simpatisan yang selalu bekerjasama dalam menjamin ketersedian stok darah di Pekanbaru,'' tutur M Noer.


Sambut Hari Donor Darah Nasional, PMI Pekanbaru Gelar Donor Darah 

Bersempena menyambut Hari Donor Darah Nasional yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Juni mendatang, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pekanbaru akan menggelar aksi donor darah. Kegiatan itu berlangsung di markas PMI Kota Pekanbaru di Jalan Cut Nyakdien, Pekanbaru.''Kita akan gelar donor darah bagi masyarakat dan simpatisan.

Selain itu, kegiatan ini kita laksanakan bersamaan dengan hari donor darah nasional. Dan kita targetkan, ada ratusan masyarakat yang akan mengikuti donor darah ini. Semoga aksi donor darah ini bisa menjamin ketersedian kantong darah di PMI. Karena, untuk satu bulan saja kita membutuhkan 7000- 8000 kantong darah,'' ujar Ketua PMI Kota Pekanbaru Drs H Mohd Noer MBS SH MSi MH, Jumat (5/6/2020).

Diterangkan M Noer, untuk mensukseskan kegiatan itu maka diharapkan dukungan dari semua pihak, terutama kepada pengurus PMI Kota Pekanbaru.''Kita akan mengundang para pendonor atau relawan dalam acara ini. Semoga kegiatan nanti bisa berjalan aman dan lancar. Bersamaan dengan acara itu juga nanti kita akan menerima penghargaan dari rekor muri yang akan diberikan ,'' tutur M Noer. ***


Berita Lainnya...

Tulis Komentar